Minggu, 15 Juli 2012

("* ♥ *" Sifat-sifat Isteri Sholehah "* ♥ *")


Bismillahir-Rohmanir-Rohiim,,,,,,

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh,,,,,,

Isteri sholehah adalah isteri yang selalu mencari ridho Allah dengan cara mencari ridho suaminya. Setiap suami pastinya menginginkan isteri yang sholehah,begitupun dengan sang isteri sebaliknya.

Diantara sifat-sifat isteri sholehah yaitu:

«1» Penuh kasih sayang dan slalu mencari ma'af suaminya
Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:"Maukah aku beritahukan kepada kalian,isteri-isteri kalian yang menjadi penghuni syurga,yaitu isteri-isteri yang penuh kasih sayang,banyak anak,slalu kembali pada suaminya. Dimana jika suaminya marah,dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata:"Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha". (HR.An-Nasai)

«2» Melayani suami,seperti menyiapkan makan,tempat tidur dan pakaian,dsb.

«3» Menjaga Kemaluannya(hanya untuk suaminya)
"Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina,maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk(menjalankan)agama Allah,jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhirat,dan hendaklah(pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang beriman".(QS.An-Nur:2-3)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. Ia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda:"Tiga jenis orang yang Allah tidak mengajak berbicara pada hari kiamat,tidak mensucikan mereka dan bagi mereka adzab yang pedih: Orang yang berzina,penguasa yang pendusta dan orang miskin yang sombong.(H.R Muslim)

«4» Menjaga rahasia-rahasia suami,termasuk di dalamnya hubungan intim antara dia dan suaminya.

«5» Selalu berpenampilan menarik di depan suaminya,sehingga dapat menyenangkan suaminya.
Rasulullah SAW bersabda:"Maukah aku beritahukan tentang sebaik-baiknya perbendaharaan seorang laki-laki,yaitu isteri shalihah yang bila dipandang akan menyanangkannya,bila diperintah akan mentaatinya,dan bila ia pergi si isteri ini akan menjaga dirinya." (H.R Abu Dawud)

«6» Ketika suaminya berada di rumah,ia tidak menyibukkan dirinya dengan melakukan ibadah sunah,misalnya puasa sunah,kecuali bila suaminya mengijinkan.
"Tidak halal bagi seorang isteri berpuasa(sunah) sementara suaminya ada(tidak dalam bepergian) kecuali dengan ijinnya". (H.R Bukhori no.5195 dan Muslim no.1026)

«7» Pandai mensyukuri pemberian dan kebaikan suami
"Diperlihatkan neraka kepadaku,ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur". Apakah mereka kufur kepada Allah? Beliau menjawab:"Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri(tidak mensyukuri) kebaikannya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang diantara mereka(isteri) setahun penuh,kemudian dia melihat darimu sesuatu(yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata;"Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali.(H.R Bukhori-Muslim)

«8» Bersegera memenuhi ajakan suami untuk memenuhi hasratnya,tidak menolaknya dengan alasan yang syar'i.
"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya,tidaklah seorang suami memanggil isterinya ke tempat tidurnya lalu si isteri menolak(enggan)melainkan yang di langit murka terhadapnya hingga sang suami ridha kepadanya". (H.R Muslim)

«9» Amanah
Rasulullah SAW bersabda:"Ada tiga macam keberuntungan(bagi seorang lelaki),yaitu:mempunyai isteri yang shalihah,kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu".(H.R Hakim)

«10» Mampu memberikan suasana teduh dan ketenangan bagi suaminya.
Firman Allah Ta'ala:"Diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya,yaitu dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis diri kamu sendiri,agar kamu dapat memperoleh ketengan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berfikir." (QS.Ar_Rum:21)

Smoga bermanfaat,,,,

Salam santun wa ukhuwah fillah,,,,^__^



http://www.facebook.com/MutiaraAirMataMuslimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar